Burung Sikatan biru-langit

Cyornis caerulatus

Deskripsi Bentuk

Berukuran agak kecil (154 cm), berwarna biru dan jingga. Jantan: tubuh bagian atas biru, dahi, punggung bawah, dan tunggir biru mengilap, dada merah bata-jingga tua menjadi kuning tua pada perut, tenggorokan berwarna lebih pucat daripada dada. Terdapat variasi antar-ras. Ras jantan Serawak: dagu hitam, ras Kalimantan barat: dahi tersapu merah bata, ras Sumatera: tungging lebih putih. Perbedaannya dengan Sikatan cacing: tunggir biru mengilap. Betina: tubuh bagian atas coklat, tunggir dan ekor biru, ada sapuan kebiruan pada mantel, tubuh bagian bawah seperti jantan, tanpa bintik hitam pada dagu. Iris coklat tua, paruh hitam, kaki kelabu tua.

Deskripsi Suara

Kicauan terdiri dari beberapa nada lemah bernada tinggi disusul satu atau dua nada yang lebih nyaring, rendah, dan panjang: "si-si-tiuuuw".

Kebiasaan

Memburu serangga dari tenggeran rendah yang mencolok di hutan bekas tebangan. Di tempat yang jauh dari pesisir dan sungai, jenis ini menggantikan keberadaan Sikatan melayu dan Sikatan bakau.


Nama Inggris:Large-billed Blue-flycatcher
Nama Indonesia:Sikatan biru-langit
Ketinggian:0 - 500 m
Ekstralimital:
Daerah Sebaran:Sumatera; Kalimantan;
Endemik:Sumatera; Kalimantan;
Status IUCN:VU
Jenis Dilindungi:Tidak
Status CITES:
Burung Sebaran Terbatas:Tidak
Penyebaran Global:

Endemik di Sumatera dan Kalimantan.

Penyebaran lokal:

Burung dataran rendah yang langka di Sumatera (hanya diketahui dari beberapa catatan). Tidak umum pada ketinggian menengah di hutan Kalimantan.

Suara:
Habitat:

Hutan dataran rendah

Tekanan:
Informasi lainnya:

Featured Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...