Burung Paruh-sabit kurikuri - Epimachus fastuosus

Epimachus fastuosus

Deskripsi Bentuk

110 cm. Suara jantan adalah cara terbaik menemukannya; di Daerah Kepala Burung jantan seluruhnya hitam atau coklat kehitaman, dengan bulu ekor tengah lanset sangat panjang dan paruhnya berbentuk sabit; betina lebih mirip dengan paruh-sabit lain; iris jantan merah, betina coklat.

Deskripsi Suara

Jantan mengeluarkan sepasang nada identik, quik! quik! sangat keras, tajam, mengalir. Nada suara mirip dengan suara Paruh-sabit coklat.

Kebiasaan

Kanopi hutan; suara jantan dari hari ke hari dari petak yang sama di hutan dan mungkin memperagakan diri dan berpasangan di situ juga. Tempat bersuara biasanya di lereng curam sisi bukit. Memakan buah dan artropoda yang diambil dari kulit kayu dan lumut. Hutan pegunungan tengah di zona ketinggian yang rendah, di bawah persebaran Paruh-sabit coklat.


Nama Inggris:Black Sicklebill
Nama Indonesia:Paruh-sabit kurikuri
Ketinggian:1300 - 2540 m
Ekstralimital:
Daerah Sebaran:Papua;
Endemik:Papua;
Status IUCN:VU
Jenis Dilindungi:Ya
Status CITES:appendix_2;
Burung Sebaran Terbatas:Tidak
Penyebaran Global:

Papua

Penyebaran lokal:

Jajaran Pegunungan Tengah (kecuali Tenggara), pegunungan di Daerah Kepala Burung dan semenanjung Wandammen, Kawasan Pesisir Utara dan G. Bosavi (Purari-Kikori), pada ketinggian 1300-2540 m. Umum di beberapa tempat tetapi tidak ada di banyak tempat lainnya.

Suara:
Habitat:

Hutan pegunungan

Tekanan:
Informasi lainnya:

Featured Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...